Wawancara kerja adalah tahapan yang
paling penting dalam mencari pekerjaan. Setiap pelamar pasti menantikan
wawancara kerja ada yang takut adapula yang biasa saja karena sudah pengalaman.
Faktanya banyak yang gagal dalam tahap ini.
Tentu banyak faktor yang membuat
pelamar tidak lolos wawancara kerja. Dari beberapa faktor yang dapat dijelaskan, ada enam hal kesalahan yang dapat menyebabkan gagal wawancara kerja. Keenam hal tersebut tentu harus dihindari agar kita sukses melewati tahap ini.
1. Panik
dan Terbata-bata
kepanikan dan terbata-bata dalam
menjawab pertanyaan, menandakan bahwa Anda tidak serius dan tidak antusias
dalam mengikuti wawancara kerja. Kepanikan dan terbata-bata timbul karena tidak
ada persiapan untuk menghadapi dan timbul karena ketidakjujuran dalam menjawab
pertanyaan serta tidak percaya diri. Jika yang Anda ungkapkan adalah kejujuran,
serta dengan sikap yang penuh percaya diri.
pasti akan mudah mengutarakannya.
2. Topik
Sensitif
Terkadang pewawancara melakukan
obrolan-obrolan santai agar tidak terlalu kaku. Dalam keadaaan seperti ini,
hidarilah topik-topik yang sensitif seperti politik dan SARA.
3. Bergosip
Hobi bergosip bisa menjadikan pelamar
ditolak oleh perusahaan. Jadi jangan pernah mengajak pewawancara Anda untuk
bergosip.
4. Sok Tahu
jika saat wawancara kerja Anda
terkesan sok tahu, yaitu tidak mendengarkan orang lain, jangan harap Anda bisa
diterima. Pada umumnya perusahaan menginginkan orang-orang yang bisa bekerja
dalam sebuah tim, bukan orang yang sok tahu sehingga terkesan individualis.
5. Tidak
Mengenali Perusahaan
Melamar pekerjaan tidak berbeda dengan
melamar pasangan hidup. Ketika seseorang melamar pasangan hidup tentu dia sudah
tahu seluk beluk calon pasangannya tersebut. Begitupun melamar perusahaan, Anda
harus mengetahui seluk beluk perusahaan yang Anda lamar.
6. Salah
dalam Negosiasi Gaji
Anda bekerja mengharapkan
gaji, bukan ? karena itu mintalah gaji yang sesuai dengan diri Anda dan
kemampuan perusahaan yang Anda lamar. Risetlah terlebih dahulu gaji pada posisi
yang Anda pilih. Jangan terkesan jual mahal dan terkesan murahan.
yapp...begitulah kira-kira ya sobat..semoga bermanfaat..