.
secara umum
wawancara kerja memiliki tujuan untuk mengenali calon pekerja, dan menggali
potensi atau kemampuan yang dimilikinya. Baik hard skill ataupun soft skill
Apa wawancara
kerja itu ?
wawancara kerja
adalah proses pengenalan atau perkenalan antara perusahaan dengan calon
pekerjanya.
Sepertihalnya seorang
sales/marketing setelah mengetahui tujuan wawancara maka kita harus menjadi
marketer yang memasarkan diri kita sendiri ke perusahaan. Singkatnya kita harus
“menjual diri”. Heheee ..
Truss apa yang kita jual ??
yang utamanya adalah soft skill.
Penjelasan sederhana
mengenai proses wawancara kerja terbagi dalam dua faktor agar anda mulus dan sukses melewati proses
ini.
1. Faktor instrinsik
Adalah yang ada dalam diri
anda yaitu soft skill, dan pengetahuan. Apa yang harus anda ketahui ?
a. Deskripsi pekerjaan
posisi yang anda lamar, dapat diperoleh dari berbagai sumber tentunya mbah
google.hehee Misalnya anda melamar
sebagai sekretaris maka anda harus mengetahui deskripsi pekerjaan sebagai
sekretaris, dll
b. Pengetahuan tentang profil
perusahaan, dapat diperoleh dari karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut
dan tentunya mbah google.
Apa perlunya faktor ini ???
karena point a dan b akan masuk dalam pertanyaan ketika wawancara.
2. Faktor ekstrinsik
Adalah yang terlihat dari
bagian luar diri anda, yaitu kemasan atau penampilan. Dalam hal ini yang harus
diperhatikan adalah
a. Pakaian. Pakailah
pakaian yang professional . warna professional adalah biru,abu,coklat. Jika
perusahaan mengharuskan anda memakai hitam-putih maka harus dilaksanakan
(biasanya perusahaan menginformasikan satu hari sebelum wawancara). Ukuran
pakaian jangan terlalu besar dan terlalu sempit. Kemeja jangan di gulung.
b. Rambut, disisir rapih
c. Sepatu, pakailah sepatu
pantofel.
d. Wangi, namun tidak
menyengat.
Apa perlunya faktor ini ?
ingat ,???!!! ,bahwa anda menjual diri anda, maka agar perusahaan mau membeli,
tampilah sebaik mungkin.
Selain kedua faktor diatas
masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya :
Jangan sampai terlambat, jika memungkinkan
carilah lokasi perusahaan sehari sebelum interview jika anda sama sekali belum
tahu lokasinya. Apapun alasanya terlambat akan mengurangi point anda di depan
pewawancara. Keterlambatan menandakan tidak adanya keseriusan. NAMUN, jika
dalam perjalan berangkat wawancara ada kejadian yang bisa membuat anda
terlambat, maka beritahu perusahaan melalui pesan singkat (SMS).
· Matikan handphone, handphone harus
dimatikan ketika proses wawancara.
· Sikap, sikap anda termasuk dalam soft
skill. Sikap yang paling awal adalah
a. Jangan duduk sebelum
dipersilahkan.
b. Jabat tangan pewawancara
dengan hangat jangan terlalu erat, ayunkan maksimal 3 kali. Sambil tersenyum.
c. Duduklah yang tegap
namun tidak tegang, dan jangan sampai sekalipun bersandar.
d. Jawablah pertanyaan
dengan lugas, tidak tergesa-gesa, dan jujur. Tataplah dengan lembut mata
pewawancara.
e. Jangan memotong
pembicaraan.
Demikianlah penjelasan
singkat mengenai tips jitu wawancara kerja, semoga bermanfaat.
"Silahkan kopas dengan
mencantumkan sumbernya yaa,biasakan menghargai karya orang lain..salam
suksess"