Navigation List

Minggu, 17 Januari 2016

Uyo Nessia

Jurus Jitu Sukses Wawancara Kerja



. 
Apa wawancara kerja itu ?

wawancara kerja adalah proses pengenalan atau perkenalan antara perusahaan dengan calon pekerjanya.

secara umum wawancara kerja memiliki tujuan untuk mengenali calon pekerja, dan menggali potensi atau kemampuan yang dimilikinya. Baik hard skill ataupun soft skill




Sepertihalnya seorang sales/marketing setelah mengetahui tujuan wawancara maka kita harus menjadi marketer yang memasarkan diri kita sendiri ke perusahaan. Singkatnya kita harus “menjual diri”. Heheee ..

Truss apa yang kita jual ?? yang utamanya adalah soft skill.


Penjelasan sederhana mengenai proses wawancara kerja terbagi dalam dua faktor  agar anda mulus dan sukses melewati proses ini.

1. Faktor instrinsik

Adalah yang ada dalam diri anda yaitu soft skill, dan pengetahuan. Apa yang harus anda ketahui ?

a. Deskripsi pekerjaan posisi yang anda lamar, dapat diperoleh dari berbagai sumber tentunya mbah google.hehee  Misalnya anda melamar sebagai sekretaris maka anda harus mengetahui deskripsi pekerjaan sebagai sekretaris, dll

b. Pengetahuan tentang profil perusahaan, dapat diperoleh dari karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut dan tentunya mbah google.

Apa perlunya faktor ini ??? karena point a dan b akan masuk dalam pertanyaan ketika wawancara.

2. Faktor ekstrinsik

Adalah yang terlihat dari bagian luar diri anda, yaitu kemasan atau penampilan. Dalam hal ini yang harus diperhatikan adalah
a. Pakaian. Pakailah pakaian yang professional . warna professional adalah biru,abu,coklat. Jika perusahaan mengharuskan anda memakai hitam-putih maka harus dilaksanakan (biasanya perusahaan menginformasikan satu hari sebelum wawancara). Ukuran pakaian jangan terlalu besar dan terlalu sempit. Kemeja jangan di gulung.
b. Rambut, disisir rapih
c. Sepatu, pakailah sepatu pantofel.
d. Wangi, namun tidak menyengat.

Apa perlunya faktor ini ? ingat ,???!!! ,bahwa anda menjual diri anda, maka agar perusahaan mau membeli, tampilah sebaik mungkin.

Selain kedua faktor diatas masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya :

Jangan sampai terlambat, jika memungkinkan carilah lokasi perusahaan sehari sebelum interview jika anda sama sekali belum tahu lokasinya. Apapun alasanya terlambat akan mengurangi point anda di depan pewawancara. Keterlambatan menandakan tidak adanya keseriusan. NAMUN, jika dalam perjalan berangkat wawancara ada kejadian yang bisa membuat anda terlambat, maka beritahu perusahaan melalui pesan singkat (SMS).

·         Matikan handphone, handphone harus dimatikan ketika proses wawancara.
·         Sikap, sikap anda termasuk dalam soft skill. Sikap yang paling awal adalah

a. Jangan duduk sebelum dipersilahkan.
b. Jabat tangan pewawancara dengan hangat jangan terlalu erat, ayunkan maksimal 3 kali. Sambil    tersenyum.
c. Duduklah yang tegap namun tidak tegang, dan jangan sampai sekalipun bersandar.
d. Jawablah pertanyaan dengan lugas, tidak tergesa-gesa, dan jujur. Tataplah dengan lembut mata pewawancara.
e. Jangan memotong pembicaraan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai tips jitu wawancara kerja, semoga bermanfaat.



"Silahkan kopas dengan mencantumkan sumbernya yaa,biasakan menghargai karya orang lain..salam suksess"

Uyo Nessia

About Uyo Nessia -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :